I. IDENTITAS BUKU
Judul Buku : Bimbingan dan Konseling di Sekolah.
Penulis : Drs. Saring Marsudi, SH, MPd.
Drs. Darsinah, Msi.
Drs. Rubino Rubiyanto, MPd.
Drs. Surtikanti, SH, MPd.
Penerbit : Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016.
Kota Terbit : Surakarta.
Tahun Terbit : 2016.
Tebal Buku : vi + 218 halaman.
Penulis : Drs. Saring Marsudi, SH, MPd.
Drs. Darsinah, Msi.
Drs. Rubino Rubiyanto, MPd.
Drs. Surtikanti, SH, MPd.
Penerbit : Fakultas Keguruan dan Imu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016.
Kota Terbit : Surakarta.
Tahun Terbit : 2016.
Tebal Buku : vi + 218 halaman.
II. IKHTISAR
Buku “Bimbingan dan Konseling di Sekolah” karya Drs. Saring Marsudi, SH, MPd. dkk ini merupakan sebuah buku yang di susun dengan tujuan agar dapat di gunakan sebagai bahan perkuliahan pada seluruh Program Studi S1 FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sebagai bahan perkuliahan, buku ini diharapkan akan membantu kelancaran mahasiswa dalam mengikuti proses pembelajaran.
Secara garis besar, buku ini menjelaskan mengenai makna bimbingan dan konseling. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang diberikan oleh orang yang ahli kepada individu segala umur agar individu tersebut dapat mengembangkan dirinya sendiri, bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dan bersifat pencegahan dan pengembangan. Sementara konseling adalah interaksi antara konselor dan klien dalam usaha membantu memecahkan masalah klien dengan jalan wawancara. Konseling bersifat kuratif. Jadi, penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah bertujuan untuk menfasilitasi peserta didik agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas – tugas perkembangan dalam aspek fisik, psikis, emosi, intelektual, sosial, dan moral – spiritual.
Buku “Bimbingan dan Konseling di Sekolah” ini di sajikan dalam delapan bab yang di mulai dari Latar Belakang Perlunya Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Konsep Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Asas, Macam – Macam Bimbingan dan Konseling; Bimbingan dan Konseling Islami; Program Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Permasalahan Peserta Didik di Sekolah dan Prosedur Pemecahannya; Bimbingan Karakter di Sekolah; dan Layanan Bimbingan Bagi Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus.
Secara garis besar, buku ini menjelaskan mengenai makna bimbingan dan konseling. Bimbingan adalah proses pemberian bantuan yang diberikan oleh orang yang ahli kepada individu segala umur agar individu tersebut dapat mengembangkan dirinya sendiri, bertanggung jawab terhadap dirinya sendiri, dan bersifat pencegahan dan pengembangan. Sementara konseling adalah interaksi antara konselor dan klien dalam usaha membantu memecahkan masalah klien dengan jalan wawancara. Konseling bersifat kuratif. Jadi, penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah bertujuan untuk menfasilitasi peserta didik agar mampu mengembangkan potensi dirinya atau mencapai tugas – tugas perkembangan dalam aspek fisik, psikis, emosi, intelektual, sosial, dan moral – spiritual.
Buku “Bimbingan dan Konseling di Sekolah” ini di sajikan dalam delapan bab yang di mulai dari Latar Belakang Perlunya Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Konsep Bimbingan dan Konseling, Tujuan, Fungsi, Prinsip, Asas, Macam – Macam Bimbingan dan Konseling; Bimbingan dan Konseling Islami; Program Kegiatan Bimbingan dan Konseling di Sekolah; Permasalahan Peserta Didik di Sekolah dan Prosedur Pemecahannya; Bimbingan Karakter di Sekolah; dan Layanan Bimbingan Bagi Peserta Didik Anak Berkebutuhan Khusus.
III. KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
A. Kelebihan
Buku karangan Drs. Saring Marsudi , SH, MPd, dkk ini memiliki kelebihan antara lain:
a. Ulasan materi dalam setiap bab yang ada di dalam buku “Bimbingan dan di Sekolah” ini terbilang sangat lengkap dan terperinci.
b. Setiap bab yang ada di dalam buku ini di lengkapi dengan rangkuman materi, tugas, dan daftar pustaka.
a. Ulasan materi dalam setiap bab yang ada di dalam buku “Bimbingan dan di Sekolah” ini terbilang sangat lengkap dan terperinci.
b. Setiap bab yang ada di dalam buku ini di lengkapi dengan rangkuman materi, tugas, dan daftar pustaka.
B. Kekurangan
Beberapa kekurangan yang terdapat dalam buku ini yaitu :
a. Terdapat beberapa pemakaian kata yang tidak baku dalam buku ini.
b. Adanya kesalahan penulisan kata yang tidak sesuai dengan kaidah EYD yang baik dan benar.
c. Ilustrasi yang di gunakan dalam buku ini kurang jelas dan tidak menarik.
d. Terdapat beberapa kalimat yang terlalu rumit dan sulit untuk di pahami maknanya,
e. Kata – kata Bahasa Inggris yang tidak dicetak miring.
IV. KESIMPULAN
Terlepas dari segala kekurangan yang ada, buku ini sangat layak untuk di baca karena isinya sangat bermanfaat. Secara umum, mahasiswa dapat menjadikan buku ini sebagai bahan bacaan yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Sementara bagi mahasiswa FKIP yang sekaligus juga adalah calon guru, dapat menjadikan buku ini sebagai refrensi belajar dan penunjang kegiatan pembelajaran di kelas. Sekaligus buku ini juga mengulas secara terperinci bagaimana kita dapat memahami peserta didik dan bagaimana cara kita sebagai calon guru agar nantinya dapat mengetahui cara – cara mengatasi masalah yang di hadapi peserta didik.
Terlepas dari segala kekurangan yang ada, buku ini sangat layak untuk di baca karena isinya sangat bermanfaat. Secara umum, mahasiswa dapat menjadikan buku ini sebagai bahan bacaan yang dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan. Sementara bagi mahasiswa FKIP yang sekaligus juga adalah calon guru, dapat menjadikan buku ini sebagai refrensi belajar dan penunjang kegiatan pembelajaran di kelas. Sekaligus buku ini juga mengulas secara terperinci bagaimana kita dapat memahami peserta didik dan bagaimana cara kita sebagai calon guru agar nantinya dapat mengetahui cara – cara mengatasi masalah yang di hadapi peserta didik.
sangat membantu
BalasHapusbermanfaat sekali
BalasHapus