Bimbingan konseling di sekolah dasar





Judul                           :BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR
Jumlah halaman           :241 halaman
Pengarang                   :Maliki, M.Pd.I.
            Dalam buku Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar ini membahas tentang BAB 1 PENDAHULUAN yang didalamnya itu membahas tentang Hakikat Urgensi Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Peranan Guru Sebagai Konseling, Paradigma Visi dan Misi Bimbingan dan Konseling, Kunci Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling,  Bimbingan Pengembangan Kecerdasan Emosional, Pelaksanaan BK bagi Guru Mata Pelajaran, dan Nuansa PBM Berbasis Bimbingan dan Konseling. BAB2  PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ANAK yang didalamnya membahas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Anak, Perkembangan Bahasa Pada Anak,  dan Pengaruh Pola Asuh Orang tua terhadap Terhadap Bahasa Anak. BAB 3  ANALISIS KESULITAN PERKEMBANGAN DAN BELAJAR SISWA yang didalamnya membahas tentang  Prinsip-Prinsip Belajar, Pndangan Pakar Psikolog tentang Belajar, Kesulitan dan Kegagalan Belajar, dan Permasalahan Belajar Ditinjau dari Aspek Sosial Emosional. BAB 4  KARAKTERISTIK SISWA SEKOLAH DASAR yang dialamnya membahas tentang Pengertian Sekolah Dasar, Karakteristik Siswa Sekolah Dasar, Perilaku Sosial dan Pengenlompokan Siswa Sekolah Dasar, Beberapa Jenis Masalah pada Siswa Sekolah Dasar, dan Studi kasus:Suatu Proses Pemacahan Masalah. BAB 5  BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH DASAR yang didalamnya membahas tentang Karakteristik Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Tujuan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Sifat dan Fungsi  Bimbingan dan Konselin di Sekoah Dasar, Jenis dan Bentuk Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Syarat-Syarat Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, dan Peran Pengawas dalam Pengembangan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. BAB 6  PENGEMBANGAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR yang didalamya membahas tentang Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, Model-Model Pendekatan Bimbingan dan Konseling  di Sekolah Dasar, Penyusunan Progam Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar, dan Pengembangan Program Bimbingan dab Konseling  di Sekolah Dasar. BAB 7  KONSELING TEMAN SABAYA yang didalamnya membahas tentang Pengertian Konseling Teman Sebaya, Fungsi dan Manfaat Konseling Teman Sebaya, dan Dinamika Calon Konseling Teman Sebaya. BAB 8  KONSELING LINTAS BUDAYA yang didalamnya membahas tentang Konsep Konseling Lintas Budaya, Model Konseling Lintas Budaya, Faktor- faktor Penghambat dalam Konseling Lintas Budaya, dan Ciri-ciri Konselor Lintas Budaya.  BAB 9  BIMBINGAN KARIER DI SEKOLAH DASAR yang didalamnya membahas tentang Pengertian Bimbingan Karier, Ruang Lingkup Bimbingan Karier da Sekolah Dasar, Tujuan Bimbingan Karier da Sekolah Dasar, Dasar Bimbingan Karier di Sekolah Dasar, Pentignya Bimbingan Karier di Sekolah Dasar, Cara-cara Pelaksanaan Bimbingan Karier, Teknik dan Materi  Bimbingan Karier, dan kompetensi dan Tanggung Jawab Konselor dalam Layanan Bimbingan Karier.  BAB 10  BIMBINGAN KELOMPOK DI SEKOLAH DASAR yang didalamnya membahas tentang  Pengertian Bimbingan Kelompok, Tujuan Bimbingan Kelompok, Manfaat Bimbingan Kelompok, Isi Materi Bimbingan Kelompok da Sekolah Dasar, Prinsip Operasional, dan Pelaksanaan Bimbingan Kelompok. BAB 11  STRATEGIPELAKSANAAN PROGARAM yang didalamnya membahas tentang Pengertian Strategi Bimbingan dan Konseling dan Strategi BK Permendikbud No. 81A. BAB 12  ORGANISASI DAN ADMINISTRASI PELAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING SEKOLAH yang didalamnya membahas tentang Prinsip-prinsip Organisasi dan Administrasi Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Lngkah-langkah yang Perlu Diambil untuk Memulai Melaksanakan Program Bimbingan , dan Perencanaan Program In-service training (penataran)bagi Petugas-petugas Bimbingan. BAB 13  TANGGUNG JAWAB PERSONAL PELAKSANAAN BIMBINGAN DALAM PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA yang didalamnya membahas tentang Persinal Bimbingan di Sekolah daru Masa ke Masa  Dalam Kurikulum Sekolah di Indonesia, Personal Bimbingan Menurut Literatur Profesional, dan Variasi Tanggung Jawab Personal BK Menurut Ragam Pola Dasar Bimbingan. BAB 14  KEGIATAN PENDUKUNG BIMBINGAN DAN KONSELING yang didalamya membahas tentang Kegiatan-kegiatan Pendukung dan Operasionalisasi Kegiatan Pendukung. Dan pada akhir buku setelah daftar pustaka ada tentang Penulis.


2 Responses to "Bimbingan konseling di sekolah dasar"